Rabu, 02 Januari 2013

PESTA RAKYAT JAWA TIMUR

.


           Pada bulan november 2012 ini pemerintah provinsi Jawa Timur mengadakan suatu event besar dalam rangka memperingati hari jadi propinsi Jawa Timur. Salah satu event yang diselenggarakan adalah Pesta Rakyat Jawa Timur yang diadakan pada tanggal 17 – 31 November yang berlokasi di lapangan parkir Selatan Jatim Expo. Acara tersebut menjual aneka ragam makanan, pakaian, sepeda motor, hingga peralatan IT dapat kita temukan di festival tersebut tentunya dengan harga yang terjangkau. Selain itu acara tersebut juga di meriahkan oleh artis ibukota seperti Inul Daratista, Trio Macan dan Ayu Ting Ting serta band – band lokal jawa timur.
            Pada tanggal 30 Oktober 2012 Saya melakukan pengamatan pada acara tersebut. Terlihat dari luar acara tersebut  tampak meriah karena terlihat dari luar banyak sekali tenda – tenda, itu artinya banyak tenant – tenant yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Tetapi setelah saya masuk ke dalam untuk melakukan pengamatan pada acara tersebut ternyata dugaan saya salah. Acara tersebut tidak seperti apa yang saya bayangkan. Memang benar banyak tenant yang berpartisipasi dalam acara Pesta Rakyat Jawa Timur, tetapi jumlah pengunjung dapat saya katakan relatif sepi. Dan bahkan ada beberapa tenda tenant yang tutup sebelum acara tersebut berakhir. Arena Pesta Rakyat Jawa Timur terbagi atas 3 bagian. Pada bagian pertama di khususkan untuk tenant – tenant yang menjual pakaian , kerajinan tangan, IT, motor, dan masih banyak lagi. Sedangkan pada bagian kedua itu dapat saya katakan sebagai arena untuk keluarga, karena disana terdapat arena bermain anak, dan juga tempat tenant menjual makanan. Jadi orang tua bisa melepas lelah setelah berjalan melewati bagian pertama sambil menikmati makanan yang tersedia sambil mengawasi anak mereka yang sedang asyik bermain di arena yang telah disediakan. Dan yang terakhir pada bagian tiga ada panggung hiburan yang membuat acara tersebut semakin meriah.
            Tata letak dari setiap bagian tersebut cukup baik karena kita diharuskan melewati setiap bagian yang ada. Namun ada satu kelemahan yang  membuat kita terfokus pada tenant tertentu saja yaitu di antara tenda – tenda tenant bagian pertama terdapat beberapa tenant yang menonjol. Karena tenant tersebut ukuran tendanya lebih besar dari tenant yang lainnya serta barang yang mereka jual lebih mengundang perhatian pengunjung. Contohnya tenant produsen motor viar dan minerva, tenant djarum76,serta tenant ban IRC. Dengan adanya tenant – tenant yang menonjol maka dapat menyedot perhatian dari pengunjung sehingga pengunjung lebih tertarik untuk melihat tenda tenda tersebut. Lebar jalan yang pengunjung lewati relatif sempit karena mungkin keterbatasan arena.
Pada bagian ke dua di arena keluarga saya rasa luas arena terlalu besar karena target pasarnya tidak terpenuhi. Selama pengamatan saya , sedikit sekali anak-anak yang bermain pada arena tersebut. Mungkin juga pada hari saya melakukan pengamatan bukan merupakan hari libur dimana anak-anak juga di sibukkan dengan kegiatan sekolah mereka. Pada bagian ke tiga merupakan arena panggung hiburan, dimana disana akan diadakan konser yang dimeriahkan oleh artis ibukota maupun lokal. Namun ketika saya berada disana, saya melihat bahwa arena penonton sangat luas, sedangkan penonton yang melihat hiburan tersebut tidak sebanding dengan luas arena penonton. lagi – lagi saya berpikir mungkin saja pada hari saya melakukan observasi bukan akhir pekan. Namun saya melakukan wawancara dengan salah satu penjaga arena bermain, dia mengatakan bahwa hampir setiap hari acara tersebut sepi dari pengunjung kecuali pada hari sabtu dan minggu.

0 comments

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

 

My Sosial Networking

Pengikut

About Me

Foto Saya
Fony Christiani
Hello there ! Welcome to my blog , I'm a pink holic, chocolate and fashion addicted . I really appreciate if you follow my blog . thanks ..
Lihat profil lengkapku